Pelantikan POKDARWIS Desa Tengguli, Pepadi Kabupaten Jepara Gelar Pagelaran Wayang Kulit.

Pelantikan POKDARWIS Desa Tengguli, Pepadi Kabupaten Jepara Gelar Pagelaran Wayang Kulit.

Sabtu, 25 Januari 2020.

Malam tadi di pendopo balaidesa Tengguli telah dilaksanakan pelantikan kelompok sadar wisata (POKDARWIS) desa Tengguli. Acara yang berlangsung sekitar pukul 20.00 WIB itu sekaligus meneguhkan bahwa Desa Tengguli telah siap menjadi desa yang juga berbasis wisata dalam menggapai perkembangan serta kemajuannya. Segala master plan perencanaan pembangunan wisata desa juga dipaparkan dalam acara yang kebetulan diguyur hujan tiada henti sejak sore hari tadi.

” Dengan dilantiknya Pokdarwis ini harapan kami bisa menjadi mitra desa di dalam kerangka membangun desa dalam sektor pariwisata yang ada di dukuh Gundil. Maka dari itu pokdarwis desa Tengguli harus bersungguh-sungguh di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya ” Tutur bapak petinggi desa Tengguli, Bapak Fatkhur,S. H, M. H,.

Selain itu belau juga menyampaikan bahwa didalam mengembangkan pariwisata desa Tengguli beliau sangat berharap pemerintah daerah juga dapat membantu mensukseskan agenda besar ini. ” Kami juga sebenarnya mengundang segenap anggota dewan terpilih dapil bangsri serta bapak PLT. Bupati Jepara untuk turut hadir dalam acara ini dengan harapan dari pemerintah daerah kabupaten jepara bisa mengerti dan ikut serta mensukseskan pembangunan pariwisata yang ada di desa kita tercinta ini, namun sayang karena kondisi yang demikian banyak dari tamu undangan yang belum bisa hadir”imbuhnya.

Acara pelantikan dan peresmian nama “Loka Jaya” Untuk menjadi sebuah nama pariwisata desa Tengguli ternyata bersambut gayung dengan program dinas pariwisata dan kebudayaan (Disparbud ) Kabupaten Jepara serta persatuan pedalangan ( PEPADI) Kabupaten Jepara. Hal ini disampaikan oleh bapak Hendroyono, S.sn, selaku ketua Pepadi kabupaten Jepara. Beliau sangat berterima kasih kepada pemerintah Desa selaku panitia pelaksana pagelaran wayang semalam suntuk oleh Pepadi tersebut. Tidak tanggung-tanggung meski dalam keadaan dengan segala keterbatasan yang ada pagelaran wayang berjalan sesuai rencana.

Untuk Dalangnya sendiri Pepadi kabupaten Jepara menghadirkan Ki Sutiyoso dari desa Bondo dengan membawakan lakon wayang “Narayana Winisuda”. Lakon tersebut dipilih karena memang diselaraskan dengan agenda malam ini, pelantikan pokdarwis ” Loka Jaya “desa Tengguli. Turut hadir dalam pagelaran wayang tersebut berbagai dalang baik lokal desa maupun lintas desa, dalam hal ini dari berbagai penjuru di kabupaten Jepara. Ada ki Dalang Suwoto dan ki Dalang Heni Gondo Pawiro dari lokal desa, serta ada ki didik, ki Nuryanto, ki Hadi Purwanto ikut memerintahkan pagelaran wayang tersebut. Tidak ketinggalan pula dua dagelan mas timbul jaya serta Didik Duwok turut serta menghibur penonton yang hadir pada malam itu.

Yang terakhir dengan resmi dilantiknya pokdarwis dan peresmian nama “Loka Jaya ” Sebagai nama pariwisata desa Tengguli, diharapkan Tengguli bisa semakin maju dan berkembang. Mengingat begitu banyak potensi desa yang ada di desa Tengguli yang sampai saat ini belum bisa maksimal dalam pengembangannya. “Harapan kami desa – desa yang lain juga bisa meniru dari desa tengguli minimal untuk desa tetangga sehingga desa – desa yang ada di kecamatan bangsri pada umumnya bisa memaksimalkan potensi yang ada di wilayah masing-masing” Tutur bapak Camat Bangsri, Bapak M. Thorik Alamsyah, S.H, MH.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan