Ribuan warga berebut Nasi Pincuk Seribu Samir

Ribuan warga berebut Nasi Pincuk Seribu Samir

Tengguli, 09 Agustus 2019

Warga Desa Tengguli sangat antusias dan saling berebut tumpeng berupa nasi pincuk seribu Samir yang terkenal dalam Festival manganan nasi pincuk seribu Samir. Acara ini merupakan rangkaian dari acara sedekah bumi yang pelaksanaan hari H nya masih seminggu lagi tepatnya 16 Agustus 2019 yang akan datang.

Festival manganan nasi pincuk seribu Samir dilaksanakan di punden dukuh gundel yang mana menurut para sesepuh desa punden itu merupakan salah satu dari Punden kanjeng sunan Kalijogo yang berupa ukur tiang masjid Demak Bintoro yang sengaja ditinggalkan sewaktu mencari kayu jati yang akan dijadikan salah satu soko guru masjid tersebut.

” Festival manganan nasi pincuk seribu Samir merupakan agenda awal dari sekian rangkaian acara sedekah bumi yang mana selain sebagai sebuah acara pembuka sedekah bumi desa tengguli diharapkan melalui acara seperti ini bisa menjadi ajang kekompakan dan kerukunan antar warga ” Ungkap bapak Fatkur. SH, selaku petinggi desa Tengguli. Acara Festival manganan nasi pincuk seribu Samir juga sebagai upaya pengenalan sejarah kepada masyarakat terlebih para pemuda agar tidak buta akan sejarah desa dan juga kebudayaan luhur yang telah dibangun oleh para kakek buyut kita, imbuhnya.

Untuk arak-arakan Festival manganan nasi pincuk seribu Samir dikemas kedalam tiga buah gunungan berupa nasi pincuk seribu Samir dan juga beberapa gunungan hasil bumi dari masing-masing RW dengan rute arak-arakan dimulai dari balai desa tengguli kemudian menuju dukuh kalitelon,kemlokomanis, Sengkeran, sebedug, dan terakhir menuju dukuh gundil.

Didalam acara acara Festival manganan nasi pincuk seribu Samir selain diikuti oleh seluruh perangkat desa juga turut hadir pula BPD, Babinkamtibmas, LKMD, dan juga UMKM desa. Turut meramaikan acara penampilan tarik gambyong ayun-ayun dari sanggar ekstrakurikuler Teater laskar dari MA. NU Tengguli.(sutr15)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*